
Logo SD Negeri 1 Kranji
Visi SD Negeri 1 Kranji Tahun Ajaran 2024-2025
“Terwujudnya pelajar yang Beriman dan Bertakwa, Unggul dalam Prestasi dan Teknologi, Berkarakter dan Peduli Lingkungan ”
SD Negeri 1 Kranji menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
- Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama dengan cara berinteraksi di sekolah
- Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, berbasis teknologi yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran;
- Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan teknologi masa kini.
- Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung tinggi gotong royong
- Mewujudkan ekosistem yang anti bullying.
- Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik
- Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat bakatnya melalui proses pendampingan dan kerjasama dengan orangtua menuju generasi yang unggul dalam prestasi
- Melaksanakan kegiatan pembiasaan berkarakter dan memberikan keteladanan budi pekerti luhur ;
- Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, menuju sekolah yang ”ISTIMEWA” (Inspiratif, Sejuk, Tertib, Inovatif, Menguasai Teknologi, Elok, Berwawasan Global, dan Aman)
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri 1 Kranji dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
- Tercapainya lulusan yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
- Terlaksananya kegiatan pembelajaran Tematik Integrated dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik pada kelas 3 dan 6;
- Menghasilkan peserta didik yang aktif, kratif, inovatif,cerdas ,mampu bersaing dan berprestasi tinggi di bidang akademik maupun non akademik
- Peserta didik menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi ;
- Menyiapkan peserta didik yang trampil, mampu mengembangkan minat bakat dan mampu mengaktualisasikan potensi dirinya.
- Terciptanya budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Salim, Santun)
- Menyiapkan peserta didik yang trampil dan berwawasan global serta peduli lingkungan sehingga dapat melestarikan dan mencegah kerusakan lingkungan
- Terlaksananya sistem manajemen yang demokratis dan transparan dengan mengutamakan kebersamaan dan keadilan guna terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif;
- Terciptanya jalinan kerjasama yang harmonis antara sekolah dengan orang tua siswa, lembaga dan masyarakat agar memberikan dukungan terhadap program sekolah;
- Terciptanya sekolah yang ”ISTIMEWA” ( Inspiratif, Sejuk,Tertib, Inovatif, Mengausai Teknologi, Elok, Brwawasan Global, dan Aman).
- Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
- Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
- Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
- Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
- Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
- Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
- Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
- Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
- Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

Tulisan official SkranSa (SD Negeri Kranji Satu)
Jargon :
SkranSa ....................... Bisa
SkranSa ....................... Istimewa



